Full Day School Segera Diterapkan Secara Bertahap, Tinggal Tunggu Juknis

Full Day School merupakan program sekolah yang menyelenggarakan proses belajar mengajar di sekolah selama sehari penuh. Umumnya sekolah yang menyelenggarakan pendidikan full day school dimulai 07.00 sampai 16.00.

Istilah full day school berasal dari kata day school (bahasa Inggris) yang artinya hari sekolah. Pengertian hari sekolah adalah hari yang digunakan sebuah institusi untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak (atau usia sekolah). Dengan menambahkan istilah full pada day school maka pendidikan dijalankan sehari penuh mulai dari pagi hari hingga menjelang sore.

Kebijakan full day school akan diterapkan secara bertahap, dengan model percontohan.

Full Day School Diterapkan Secara Secara Bertahap, Tinggal Tunggu Juknis

Balikpapan merupakan salah satu dari banyak kota yang bakal dijadikan percontohan pelaksanaan full day school.

Kendati demikian, belum pasti kapan wacana itu akan diterapkan.

Sebab, sampai saat ini masih belum ada surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kemendikbud menunjuk 500 sekolah untuk uji coba. Salah satunya Balikpapan,” kata Muhaimin, kepala Dinas Pendidikan Balikpapan.

Ia mengatakan, saat ini Kemendikbud tengah dalam proses penyusunan petunjuk teknis (juknis), serta konsep dasar full day school.

Dan bila surat edaran telah turun, akan siap melaksanakan sesuai imbauan yang diminta. Dengan mempertimbangkan sekolah yang mampu melaksanakan mempunyai sarana dan prasarana yang memadai. Serta tenaga pengajar yang telah mampu.

“Kami siap melaksanakan bertahap. Kami survei mana sekolah yang bisa melaksanakan uji coba. Lalu menunggu keputusan wali kota. Baru dilaksanakan uji coba,” tambahnya.

Ia mendukung wacana pelaksanaan full day school. Sebab, bisa menjadi media untuk memantau perkembangan dan kegiatan siswa.

“Anak bisa termonitor di sekolah hingga sore hari karena orangtuanya rata-rata pulang kerjanya sore,” tutupnya.

Sumber

Comments

comments