Ini Dia Aturan Baru PLPG Tahun 2016, Silahkan Simak

Aturan Baru PLPG tahun 2016 tentunya harus dicermati oleh calon peserta sertifikasi guru 2016. Dengan mencermati aturan ini berarti kedepan tidak ada kesalahpahaman antara Bapak/Ibu sekalian dengan pihak-pihak tertentu yang berkaitan dengan pelaksanaan PLPG 2016.

Sebelum membahas lebih jauh seputar aturan baru PLPG 2016 mari kita bahas dulu apa itu PLPG.  PLPG singkatan dari Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru. PLPG ini diadakan bagi guru yang sudah memenuhi syarat untuk menerima tunjangan profesi (sertifikasi) agar dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru sebagai pengganti diharapkan. PLPG sendiri hadir sebagai ganti dari porptofolio yang dinilai kurang maksimal dalam menjaring guru agar lulus sertifikasi. Adapun informasi tentang PLPG ini dapat anda lihat di http://sergur.kemdiknas.go.id/

Ini Dia Aturan Baru PLPG Tahun 2016, Silahkan Simak

Nah, selanjutnya apa saja Peraturan terbaru PLPG 2016 yang akan dilaksanakan Oktober mendatang?

1) Menurut catatan Ditjen GTK total guru tetap (PNS dan GTY) yang belum memiliki sertifikat pendidik sekitar 500 ribu. Semua guru ini diagendakan untuk disertifikasi dengan pola PLPG dalam 4 (empat) tahun antara 2016 – 2019.

2) Guru TMT sebelum 2006 akan jadi prioritas untuk didahulukan menjadi peserta. Sementara guru TMT 2006 ke atas ditentukan berdasarkan skor UKG, minimal 55 dengan prioritas skor UKG tertinggi.

3) Kuota peserta PLPG tahun 2016 sebanyak 69.259 orang. Dan dijadwalkan akan dimulai awal Oktober 2016 (tergantung kesiapan LPTK penyelenggara) dan berakhir di awal Desember 2016.

4) Passing-grade kelulusan UTN PLPG mulai tahun 2016 adalah 80 (bandingkan tahun sebelumnya hanya 42).

5) Sehubungan dengan tingginya syarat kelulusan UTN tsb, guru yang akan ikut PLPG tahun ini harap menyiapkan diri sebaik mungkin sebelum mengikuti PLPG. Pelajari kisi-kisi soal UTN dan bahan ajar PLPG yang dikeluarkan oleh Ditjen GTK (dapat diunduh dari laman sertifikasiguru.id). Jangan hanya mengandalkan belajar saat PLPG.

6) Pelaksanaan UTN pasca PLPG dilakukan secara online, dan hanya dilakukan 1 (satu) kali di tahun berjalan. Jika skor tdk mencapai 80, peserta dapat mengulang di tahun berikutnya sebanyak 4 kali kesempatan selama priode 2 (dua) tahun, tanpa perlu ikut PLPG lagi. UTN ulang secara online dilakukan tiap semester dan dapat diikuti di tempat terdekat yg ditunjuk oleh Ditjen GTK.

7) Guru yang telah memiliki Skor UKG 80 ke atas tidak perlu lagi mengikuti UTN tapi tetap harus mengikuti rangkaian kegiatan dan melulusi komponen penilaian PLPG lainnya (kehadiran, penilaian sejawat, peerteaching, dan UTL).

8) Guru yang belum menjadi peserta PLPG tahun ini agar lebih menyiapkan diri mengikuti UKG yang dilaksanakan oleh GTK tiap tahun, agar bisa mendapatkan skor yang tinggi. Targetkan agar bisa mencapai skor 80 ke atas agar tidak perlu lagi repot mengikuti UTN tatkala nanti mengikuti PLPG.

Informasi Penting :

  • [Unduh] Buku Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2016
  • [Unduh] Daftar Peserta atau Calon Peserta Sergur
  • [Unduh] Kisi-Kisi Materi PLPG 2016 TK, SD, SMP, SMA, SMK

Bagaimana sudah paham? Demikian share  seputaAturan Baru PLPG Tahun 2016, semoga bermanfaat. Untuk info lain seputar PLPG 2016 silahkan cek guru-id.com

Comments

comments