Ini Dia Pesan Mendikbud di Hari Pertama Masuk Sekolah Tahun Pelajaran 2016/2017

Senin, 18 Juli 2016, merupakan hari pertama sekolah bagi siswa-siswi di seluruh Indonesia tahun pelajaran 2016/2017.  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan untuk menumbuhkan lingkungan dan suasana sekolah yang menantang sekaligus menyenangkan. (Baca: Sambutan Mendikbud pada Hari Pertama Sekolah)

Dalam sambutannya pada hari pertama sekolah, Anies berharap budaya sekolah dikembangkan untuk menumbuhkan kemampuan utuh setiap siswa. Kemampuan itu tak hanya pada aspek akademik dan literasi dasar, namun juga perhatian pada aspek nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya, serta aspek kepemimpinan, berpikir kritis, berkomunikasi efektif, berkreasi, dan bekerja sama.

“Anak-anak Indonesia akan berhadapan dengan tantangan yang berbeda dari generasi gurunya, maka anak-anak Indonesia perlu mempersiapkan diri dengan kemampuan yang relevan dengan tantangan zamannya,” katanya.

Ini Dia Pesan Mendikbud di Hari Pertama Masuk Sekolah Tahun Pelajaran 2016/2017
Guna mewujudkan lingkungan sekolah yang menyenangkan, tambahnya, hendaknya ditumbuhkan lingkungan sekolah yang aman dan sehat. Caranya dengan memperbarui tekad untuk saling menjaga sesama warga sekolah dan menolak tegas segala jenis bentuk kekerasan di sekolah. “Penumbuhan lingkungan dan suasana sekolah yang menyenangkan juga membutuhkan pelibatan orang tua dan masyarakat,” tegasnya.

Di hari pertama sekolah, orang tua mengantarkan buah hatinya ke sekolah. Mereka menitipkan harapan besar kepada guru di sekolah. Anies berharap hubungan hangat yang istimewa tersebut jangan hanya terjalin di hari pertama sekolah. Jalinan komunikasi perlu terus terjaga selama setahun ke depan.

“Karena seperti telah kita rasakan hari ini di seluruh penjuru nusantara, saat kita bergandengan dan bergerak bersama, terwujudnya lingkungan pendidikan yang menyenangkan bukanlah sekadar mimpi tapi sebuah kenyataan,” ujarnya.

referensi

Comments

comments